teori asal mula kehidupan di bumi

Kapan dan bagaimana asal kehidupan di bumi masih menjadi pertanyaan yang menggantung dalam benak para pemikir di bumi ini. Setidaknya ada 5 teori yang berhubungan dengan hal tersebut, yaitu :

  1. Teori kreasi khas
  2. Teori generatio spontanae
  3. Teori keadaan mantap
  4. Teori kosmozoan
  5. Teori evolusi biokimia

Teori kreasi khas menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari zat supranatural (ghaib).

Teori Generatio Spontanae (abiogenesis) menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda tak hidup. Tokoh pendukung teori ini adalah Aristoteles dan Antonie van Leuwenhoek. Menurut Aristoteles :

  • ikan dan katak berasal dari lumpur
  • cacing berasal dari tanah
  • dsb

Pendapat Aristoteles didikung oleh van Leuwenhoek melalui eksperimennya. Dia merendam jerami dalam air, setelah didiamkan beberapa hari dan diamati dengan mikroskop (sederhana) ternyata ada mikro organisme.

Ditentang oleh para penganut paham biogenesis. Tokohnya adalah Francesko Redi, Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur. Menurut Pasteur :

  • Omne vivum ex ovo
  • Omne ovum ex vivo
  • Omne vivum ex vivo

bersambung…


11 Responses

  • rinda Says:

    Assalamualaikum..
    Yang masuk akal teori mana dong?? Semua berawal dari “kun fayyakun” kan?? Heheeehee

  • erfanification Says:

    aww…
    namanya juga manusia, selalu pengen tau… haa …. emang semua dari “kun fayakun” (saya juga percaya hal itu), tapi banyak juga yang tidak (mau) percaya karena hal tsb tidak bisa mereka lihat (amati). Akibatnya muncul teori-teori tersebut…

    www

  • rinda Says:

    Oooo….
    Ya,ya,ya…
    Oia… kemarin tu kurang yang “teori keadaan mantap” ya.. Mantap… Mantap… Mantap… Hee

  • eliya banu/09205241042 Says:

    menurut saya teori yang benar adalah teori biogenesis,karena Mahluk hidup berasal dari mahluk hidup lainnya khan????kita ada khan karena kerja orang tua kita yang adalah makhluk hidup jadi yaaaaaa,,…..yang masuk akal sich ya teori biogenesis…..

  • eliya banu/09205241042 Says:

    menurut saya teori yang masuk akal dalam proses asal usul kehidupan adalah teori biogenesis karena Mahluk hidup itu berasal dari mahluk hidup lainnya. seperti kita yang ada karena kaerja orang tua kita,….

  • erfanification Says:

    iya sih….. kita emang berasal dari makhluk hidup. tapi kan kita membahas teori tentang awal kehidupan, jadi teori biogenesis tadi hanya meruntuhkan teori abiogenesis. teori biogenesis tidak menjelaskan awal kehidupan itu seperti apa. pripun???

  • maya yulaicha Says:

    ASWRB…
    pusing juga ya mikir asal mula kehidupan ini. mpe kebanyakan teori. disuruh pilih yang mana ya??????
    hidup memang ada awal dan ada akhir. susah juga jawab teori mana yang benar. tapi teori yang saya percayai adalah teori kreasi khas yang menjelaskan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (ghaib).dalam al-Quran dijelaskan bahwa Allah yang telah menciptakan alam semesta ini. dan al-Quran adalah sumber terpercaya. dalam surat Al-Anbiyya ayat 30 yang artinya “dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu itu hidup. maka mengapakah merea tiada juga beriman?”
    surat tersebut menjelaskan bahwa Allah (zat ghaib )yang menciptakan alam semesta ini.
    dalam sura Al-alaq dijelaskan pula bahwa manusia itu diciptakan dan Allah sang pencipta manusia.
    teori-teori yang lain masih banyak keraguan, ada hal yang belum jelas keBenarannya. jadi menurut saya teori yang benar adalah teori kreasi khas.

    maya yulaicha
    09205241051
    PBD09
    KELAS B

  • ryani/09205241064 Says:

    saya percaya dengan yang tertulis dalam Al Qur’an….
    tetapi dalam persoalan ini menurut saya yang paling mendekati benar adalah teori khas…
    he…

  • Tri Ari Hardiyanti ( 09205241067 ) Says:

    huFhhhH,… syusyah memahami asal mula kehidupan dunia kita,.. banyak yang percaya teori ini, tapi ada yang menyanggah, percaya ini ada yang tidak setuju,.. sebenarnya teori yang benar yang mana??? ( ehh kok malah jd balik tanya?) hehe,..

    kalau dalam alqur’an, asal mula kehidupan dibumi itu berasal dari ledakan besar, kemudian menjadi kabut (debu) angkasa yang menggumpal membentuk bola pijar panas, hingga akhirnya mendingin dan membentuk bintang dan planet-planet, setelah bumi dalam bentuk yang dingin dan stabil baru Allah beri kehidupan berupa mahluk-mahluk yang cocok dengan kondisi awal bumi. dalam kurun waktu tertentu mulailah tumbuhan dan hewan serta manusia pertama yaitu Adam dan Hawa di datangkan Allah SWT.

    namun jika harus memilih dan mempercayai teori – teori yang dikemukakan oleh beberapa ahli, menurut saya teori yang benar adalah teori biokimia,. ini agak masuk akal, pada zaman dahulu sebelum bumi sudah stabil tetapi masih mempunyai sifat yang belum cocok untuk kehidupan manusia sehingga di datangkan di Bumi ini mahluk-mahluk pada tingkatan atau level yang sederhana guna membentuk sebuah siklus kehidupan yang sederhana seperti bakteri, lumut kerak, jamur dan mahluk hidup sederhana lainnya yang bisa memproduksi makanannya sendiri dengan sumber dari daur kimia. dan dalam kurun waktu tertentu mulailah datang tumbuhan dan hewan. mungkin berasal dari bakteri – bakteri berkembang biak, sehingga dapat memupuki jamur dan lumut kerak. sehingga datang tumbuhan dan hewan dimuka bumi ini.
    insyaAllah gituw kalii iaa???? ahH puciingg,…. @_@

  • eka nur fitriana/ 09205241045 Says:

    assalamualaikum’

    haduh pak pilih yang mana ya??? itu semua hanya teori manusia, gag ada yang bisa menjamin mana yang lebih benar ataupun paling benar sekalipun. tapi jika harus memilih saya lebih memilih teori kreasi khas,heheheh karna selama ini belum ada yang bisa membuktikan asal usul manusia, heheheheheh

  • ahmad fauzi rahman Says:

    asslmkm,

    saya sependapat bahwa teori biogenesis adalah TEORI yang tepat untuk menjelaskan asal-usul makhluk hidup (karena saya mengambil sudut pandang logika manusia pada umumnya). teori tersebut menyatakan bahwa setiap makhluk hdup berasal dari telur(manusia,hewan,tumbuhan semua mempunyai sel telur) dan semua telur berasal dari makhluk hidup,dan makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya…

    maka jelaslah bahwa makhluk hidup berasal dari hasil bertemunya sel-sel kelamin dari MAKHLUK HIDUP SEBELUMNYA.

    09205241077

Leave a Reply